Rabu, 14 Maret 2012

Bidang Pengentasan Kemiskinan Masyarakat


Bentuk lain dari intervensi pemerintah kota Surabaya terhadap pengentasan kemiskinan merupakan program yang dilakukan oleh KIM Semanggi Semolowaru untuk mencapai sasaran dalam menanggulangi kemiskinan di daerahnya.

Program Penanggulangan Kemiskinan KIM Semanggi Semolowaru ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui fasilitas kebutuhan dasar, penataan dan pembinaan serta usaha formal lainnya. Program tersebut dimaksudkan untuk mendukung pencapaian sasaran penanggulangan keluarga miskin Kota Surabaya khususnya di Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo.

Sasaran program tersebut adalah kebijakan yang pro pada masyarakat marginal dan tidak membawa implikasi terhadap penambahan keluarga miskin. Ini dikarenakan kebijakan yang pro rakyat sangat penting untuk meningkatkan akses masyarakat miskin terhadap pelayanan dasar dan diharapkan bisa memperkecil jumlah warga miskin.

Sasaran lainnya adalah koordinasi peningkatan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini tak kalah pentingnya karena bisa meningkatkan produktivitas masyarakat miskin dan meningkatkan perekonomian mereka.

Untuk kegiatan ini, jumlah gakin yang akan dilatih dan memperoleh keterampilan ada sebanyak 3.640 orang. Pelatihan bagi perempuan, khususnya ibu rumah tangga ini dipandang perlu karena hasil pelatihan ini bisa digunakan untuk mencari tambahan penghasilan keluarganya. Dengan begitu, perempuan- perempuan itu bisa membuat sebuah usaha kecil dengan tetap melaksanakan kegiatannya di rumah.

Mendukung kegiatan pelatihan, maka juga diberikan fasilitas permodalan, pemberdayaan lingkungan dan keterampilan bagi lembaga dan organisasi masyarakat. Fasilitas permodalan dan keterampilan ini akan diberikan pada 1.505 orang dan jumlah produk yang dihasilkan adalah 31 produk. Fasilitas modal ini setidaknya akan membantu masyarakat miskin yang telah memperoleh keterampilan agar bisa mendirikan usaha sendiri. Begitu pula dengan pemberdayaan lingkungan, program ini bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan tambahan penghasilan, misalnya dengan menjual keterampilan daur ulang sampah.

Data terkini tentang masyarakat miskin menjadi penting karena setiap tahun harus melakukan evaluasi terhadap program pengentasan kemiskinan, termasuk dari segi kuatitas. Selain itu, data tersebut juga penting karena data terkini keluarga miskin juga digunakan untuk menghitung besarnya anggaran yang harus dikeluarkan, untuk program pengentasan kemiskinan. Program lain yang akan dilaksanakan pada tahun 2012 adalah monitoring dan evaluasi program penanggulangan kemiskinan. Monitoring ini akan dilakukan pada tiga program pengendalian kemiskinan seperti PNPM Mandiri, Program Keluarga Harapan, dan Program Bidang Perluasan Akses Pelayanan Dasar. Ketiga program ini nantinya akan dievaluasi efektivitasnya. Evaluasi terhadap program pengendalian kemiskinan ini penting karena harus melakukan langkah pembenahan dan peningkatan program untuk mengurangi jumlah keluarga miskin yang ada di daerah Semolowaru.

Kegiatan lain yang dilakukan pada tahun 2012 adalah melakukan kegiatan yang dapat menunjang program penanggulangan kemiskinan di tingkat kecamatan. Kegiatan ini akan sangat membantu pelaksanaan dan efektivitas program-program pengendalian kemiskinan lain.

Peningkatan derajat kesehatan dan kelayakan hidup bagi masyarakat miskin penting untuk mereka. Karena dengan lingkungan tinggal yang layak, maka akan tercapai derajat kesehatan yang optimal dan akhirnya akan meningkatkan produktivitas, yang akhirnya berimbas pada peningkatan perekonomiannya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar